Menembus Blokade Jalur Gaza

Posted: July 5, 2010 in Jalan Hidupku, Rehat Sejenak
Tags: , ,

Wahaha, judulnya gak nyantai banget ya. Sebenarnya tulisan ini bukanlah cerita tentang ‘gaza’ yang ada di Palestina, tapi ini cerita tentang ‘gaza’ si toko buku yang ada di Barel.

Sejak pertengahan Juni kemarin, tanpa ba-bi-bu atau sekedar pernyataan resmi (setau gue, hehe), pihak Rektorat UI dengan semena-menanya melakukan blokade terhadap pintu barel yang berbatasan langsung dengan rel kereta api dan ‘gaza’. Alhasil, sejak saat itu, pihak-pihak yang selalu menggunakan jalur itu buat hidup (mahasiswa ke kampus, rumah makan, ruko-ruko, dsb), harus menerima kenyataan bahwa ‘jalur hidup’ mereka harus di tutup. Mahasiswa harus mengambil jalur lain yang sangat jauh untuk dilewati-waktu tempuh ke kampus jadi 2-3 kali lipat-, warteg-warteg dan ruko pun menjadi sepi. Selain itu, ada hal lain yang lebih memperhatinkan gue lagi, yaitu terbatasnya akses penduduk untuk beribadah solat jum’at ataupun sekadar solat wajib lainnya di masjid UI. Memang sih, ini gak boleh dijadiin alasan utama buat gak memakmurkan masjid,🙂 . Saking hebohnya berita diblokadenya jalur ‘gaza’ ini, media-media massa nasional sampe memuat beritanya di media masing-masing loh, semisal Republika, Tempo dan okezone.

Dengan di blokadenya akses ‘gaza’ ini, hidup gue lagi-lagi harus dipenuhi dengan kegiatan panjat-memanjat untuk menembus setiap blokade. Fyi, hampir tiap malam gue slalu mempertarukan nyawa untuk melewati blokade kosan yang uda ditutup tiap jam 11 malam, grrr. Nah, dengan diblokadenya jalur ‘gaza’ ini, berarti gue harus memulai dan menutup hari gue dengan melewati blokade para ‘penguasa’, hehe.

Kadang capek sih dan membuat gue sering mikir untuk pindah ke kontrakan atau beli motor biar gak ngelewatin semua blokade itu, hehe. Tapi saat ini, gue ngerasa belum mampu buat ngontrak atau sekadar membeli motor impian gue. Ntarlah, gue akan mewujudkannya ketika bisnis travel, laundry dan cafe gue uda jadi dan berkembang, aminnn.

Hari ini, semua pihak yang merasa dirugiin atas blokade jalur gaza ini akan bertemu untuk dengar pendapat di kantor DPRD Depok. Gue berharap akan dihasilkan win-win solution bagi semua pihak, tentunya mungkin dengan dibukanya jalur blokade ini, aminn.

Leave a Reply

