Arti Sahabat? Gw Gak Tau..

Posted: September 26, 2009 in Jalan Hidupku
Tags: ,

Sahabat..Yaa, Ini semua tentang sahabat. Sebuah kata familiar yang terus berseliweran dalam benak gw sejak akhir-akhir ini, khususnya dalam 1 bulan terakhir. Entah kenapa kata-kata ini kembali menjelma menjadi sebuah pertanyaan besar dalam hidup gw. Sebuah kata yang mungkin bisa menentukan arah hidup gw ke depannya..Mungkin agak lebay kalo gw sampe ngomong kayak gini. Tapi gw juga gak bisa nampik kalo hal ini memang memberikan pengaruh sangat besar selama perjalanan hidup gw..

Hai temans! Pernah gak lo bertanya pada diri lo sendiri apa makna sahabat itu? Apa definisinya? Kalo tau, tolong kasih tahu gw.. Semenjak terjadi  beberapa kejadian aneh pada akhir-akhir ini, gw jadi lupa apa artinya sahabat itu. Gw gak tau apa definisinya, terutama maknanya dalam hidup gw. Gw jadi sadar, mungkin dulu gw terlalu berlebihan memberikan makna pada kata ‘sahabat’ ini. Akibatnya, sekarang gw banyak nerima kekecewaan karena ekspektasi berlebihan pada sebuah kata yang disebut ‘sahabat’ ini.

Gw jadi semakin ragu apakah yang namanya ‘sahabat’ ini benar adanya dalam kehidupan pribadi gw, terutama satu istilah lagi yang bernama ‘sahabat sejati’. Adakah itu? Kalo itu ditanyakan ke gw sekarang, gw akan jawab ada. Tapi kalo pertanyaan itu ditambah jadi pernakah gw menemukannya  sampe saat ini? gw akan jawab, NOP (ngejawab sambil bingung)!!! Lah sahabat aja gw masih ragu gw pernah nemu, apalagi sahabat sejati.😀

Gw bertanya-tanya seperti ini bukan tanpa alasan yang nggak jelas. Dulu gw mengira kalo gw punya sahabat, bahkan sampe akhir-akhir ini, sampe beberapa hari yang lalu. Tapi setelah gw pikir ulang, mencerna dan mengingat semua waktu yang telah gw lewatkan dulu, gw jadi sadar kalo gw kayaknya belum punya sahabat, mungkin baru sekadar teman baik, teman akrab (sangat) dan teman bersenang-senang. Eeh, tambah sedikit, teman ketika gw sedikit jatuh.. Tapi bisa jadi gw pernah nemu, tapi cuma sebentar karena yang namanya ‘sahabat’ itu berubah kembali menjadi ‘teman baik’. Hmmhh..

Entahlah kenapa gw jadi ragu seperti ini. Gw tiba-tiba jadi orang yang plin-plan untuk memastikan jawaban atas pertanyaan ini. Arti sahabat? Gw gak tau.. Gw ragu karena gw merasa kalo gw bukanlah teman yang baik untuk orang lain, apalagi sahabat. Gw mengkhianati orang yang mungkin menganggap gw sebagai sahabat, tidak bisa berbuat layaknya orang yang mempunyai standar ‘sahabat’, pragmatis dalam berteman (terutama akhir-akhir ini), tidak bisa menjaga perasaan mereka, dsb. Terlalu banyak dosa dan salah gw ke mereka yang menodai pertemanan atau mungkin persahabatan kami.

Ketika gw merefleksi diri, gw kurang tulus atau bahkan tidak tulus dalam berteman baik dengan mereka. Ada saja pamrih yang gw harapkan dari mereka. Contohnya? Seperti gw ingin mereka ada ketika gw jatuh, untuk jadi pegangan atau sandaran gw.. Sekadar contoh kecil itu aja gw uda berharap balasan dari mereka. Apalagi kalo gw uda melakukan yang lebih besar? Pasti gw juga berharap lebih sama mereka..

Jujur, gw ragu kalo mereka pernah ada di hidup gw dan tulus pada gw serta sebaliknya..Ntahlah, terlalu rumit dan panjang untuk membahas masalah ini disini.. Gw hanya berharap suatu saat akan ada orang yang benar-benar jadi sahabat gw dan gw tulus bersahabat padanya..terserah dia tulus atau nggak, setidaknya gw uda berusaha tulus.. Gw juga berdoa semoga ketika mereka ada nanti, gw dan dia bersahabat dengan dasar saling mencintai karena Allah S.W.T, sehingga kami bisa jadi salah satu diantara tujuh golongan yang akan mendapatkan syafaat Allah S.W.T. di hari akhir nanti.. Aminn..

Arti sahabat? Gw gak benar-benar tau.. Tunjukkan ke gw kalo dia memang ada.. L

Comments
  1. ynd says:

    nikiiiii, haloooo! berkunjung yaaaa🙂
    iya nik, gue juga sering menanyakan hal itu sama diri gue sendiri… abisnya sometimes, gue juga kayak lo nik. ekspektasi gue ke orang yang gue angggap sahabat itu besar banget, dan akhirnya gue lebih sering kecewa sama mereka. gue jadi makin gak punya atau susah punya kepercayaan sama orang2 yang ngaku teman atau sahabat gue. paraaah banget ya? hahaha

Leave a Reply

