Gagal? Gak Masalah Tuh!!!

Posted: August 20, 2009 in Islam, Jalan Hidupku, Mimpi-Mimpi Hidup
Tags: ,

“Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu, Allah mengetahui sedang kamu tidak mengetahui..”(Al-Baqarah:216)

Beberapa menit yang lalu, sembari  menikmati segelas es cappucino dan sepiring french fries keju di cafe De Palma Bengkulu, gw dengan penuh antusias mendengar curhatan seorang teman lama yang terlihat sedang gundah gulana. Dalam curhatannya tersebut, dia bercerita mengenai hidupnya yang baru saja mendapatkan kegagalan. Dia gagal lulus dalam salah satu tugas kuliah yang baginya sangat besar artinya apabila dia bisa lulus. Sepuluh menit lebih telah berlalu, dia terus bercerita tentang semua hal yang dia alami tersebut. Dia merasa mendapat ketidakadilan dari hal yang menimpanya tersebut. Dia merasa telah berusaha keras, baik secara lahir maupun batin (uda kayak apa aja, hehe) dan yakin saat hari-H ujian tersebut akan berhasil.

Hari-H ujian pun tiba dan dia semakin yakin dia akan lulus. Apalagi setelah mendapatkan doa restu dari kedua  orang tuanya. Ujian akhirnya selesai dan hasil yang dinantikan telah keluar. Dengan penuh ekspektasi dia melihat hasil ujian tersebut. Dan hasilnyaaaa? Ternyata dia belum berhasil. Dia merasa terpukul, bahkan saking merasa kegagalan itu sangat menyakitkan, dia tidak keluar kamar selama dua hari. Hmmhh..Gw sangat memahami apa yang dia rasakan saat itu dan juga saat ini. Kepada dia, gw bercerita tentang seorang anak manusia yang juga pernah mengalami hal tersebut, bahkan lebih menyakitkan daripada yang dia rasakan.

Gw bercerita, bahwa dulu ada seorang pemuda yang selalu di cemooh oleh orang-orang karena dia sering mengalami kegagalan. Orang-orang banyak sekali yang mencemoohnya, bahkan orang tuanya sendiri. Dan yang lebih menyakitkan, orang tua pemuda itu tidak hanya mencemoohnya tapi juga membanding-bandingkan dengan kesuksesan anak tetangga. Hmmh, malang betul nasib anak itu..Sayangnya dia tidak pernah terlalu mengelukan kemalangannya itu, tapi malah apa yang dia terima itu dia jadikan dorongan untuk bisa berhasil. Singkat cerita, berulang kali terjatuh dan gagal terhadap suatu hal, anak itu sekarang tumbuh menjadi pemuda yang berhasil meraih mimpi-mimpinya dan membungkam semua omongan orang-orang yang dulu sering mencemoohnya..

Begitulah hidup..Ketika kita gagal, banyak orang yang dengan senang  hati berteriak mencemooh hidup kita. Ketika kita bermimpi, semakin banyak orang yang mencemooh kita, bahkan mengatakan kita gilaaaa!!! Sayangnya, ketika kita berhasil, kita juga akan diteriaki oleh orang-orang tersebut. Mereka berteriak kita gilaaa!!! Namun beda nada dan intonasinya ketika kita berani bermimpi..

Saat gagal, yang perlu kita lakukan adalah melakukan evaluasi terhadap diri sendiri. Kalo gw sering melakukan self talk, “sudahkah gw pantas untuk berhasil?” Kemudian yang gw lakukan adalah positive thinking dan bangkit lagi untuk mengejar mimpi gw. Intinya adalah MIMPI!!! Tidak masalah berapa kali gw gagal dalam meraihnya. Yang akan gw lakuin adalah fokus pada solusi untuk menggapai mimpi, bukan kegagalan dalam meraih mimpi gw..

Dan yang terakhir, gw akan baca dan menghayati dengan dalam salah satu ayat dalam surah Al-Baqarah, yaitu..

Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu, Allah mengetahui sedang kamu tidak mengetahui”(Al-Baqarah-216).
Ketahuilah…
Tak selamanya hal yang kita benci tidak baik dan tak selamanya hal yang baik selalu baik. Sesungguhnya Allah Maha Pemilik Kebaikan yang Abadi. Dan hanya Allah lah yang Maha Mengetahui atas kehendak hati hambanya (kalimat terakhir gw repost, tapi lupa darimana).

Oya, satu hal yang selalu gw camkan dalam benak gw, Allah s.w.t. akan memberikan kepada kita tidak cepat atau lambat sesuai kehendak kita..Tapi Allah s.w.t. akan memberikannya kepada kita pada saat yang tepat. Karena Allah s.w.t yang paling tahu semua kebaikan untuk kita..

Itulah jalan Allah, indah pada waktunya. Allah tidak memberi apa yang kita harapkan, tapi memberi apa yang kita butuhkan. Walau kadang sedih, kecewa, dan terluka..Tapi jauh diatas segalanya, Dia sedang merajut yang terbaik untuk kehidupan kita..

Bagi seorang pemenang sejati, gagal adalah suatu tantangan. Sedangkan bagi pecundang, gagal adalah masalah besar yang sangat menyakitkan. Dan bagi gw saat ini.. Gagal?gak masalah tuh..Akan gw mulai dengan membaca Bismillah..hehe..

Nikki Antonio Saputra

-Jejak Sang Pemimpi-

Leave a Reply

